Senin, 21 September 2015

Berbagai Macam Gaya Belajar Pada Anak

Ketika anak tumbuh besar kita tidak bisa memaksakan seorang anak harus belajar sesuai dengan keinginan kita atau orang lain karena harusnya para orang tua menyadari bahwa setiap anak mempunya gaya belajar yang berbeda - beda. dan kemampuan anak dalam menangkap materi pun berbeda - beda sesuai dengan tingkat kecerdasanya masing - masing.

Berbagai Macam Gaya Belajar Pada Anak


Banyak anak yang hasil belajarnya turun drastis karena di sekolah mereka di paksakan belajar sesuai dengan gayanya. anak akan lebih menguasai pelajaran dengan menggunakan gayanya masing - masing, tidak percaya ? bapak dan ibu bisa deh mencoba membuktikanya ?

Arti belajar dan macam - macam gaya belajar pada anak :


  • Visual ( visual learners )
Gaya belajar ini menitik beratkan pada penajaman penglihatan. dalam artian bukti - bukti konkrit harus di perlihatkan terlebih dahulu, untuk dapat mengikuti gaya belajar seperti ini maka anak jenis visual jika sudah melihat bukti nya dia akan mudah untuk menyerap materi yang telah di berikanya. Ciri - ciri gaya belajar visual adalah sebagai berikut :

  1. Cenderung melihat sikap mimik guru yang mengajar
  2. bukan pendengar yang baik dalam berkomunikasi
  3. Saat mendapatkan petunjuk untuk mendengarkan sesuatu, biasanya mereka akan melihat temannya dahulu baru dia akan bertindak
  4. Kurang mampu mengingat pesan yang di sampaikan secara lisan
  5. Lebih suka peragaan dari pada penjelasan lisan
  6. Dapat duduk dengan tenang dalam sitausi yang rama sekalipun tanpa terganggu .

  • Gaya belajar Auditori
Gaya belajar ini mengandalkan pendengaran sebagai perintah untuk melakukanya. Karakteristik model pembelajaran seperti ini benar - benar menitikberatkan pada pendengaran. Artinya kita harus mendengar, baru kemudian kita mampu mengingat dan memahami informasi tersebut. Ciri - cirinya adalah sebagai berikut :

  1. Mampu mengingat dengan baik materi yang telah di jelaskan oleh guru di depan kelas 
  2. Sebagai pendengar ulung, mampu mengutarakan apa saja yang telah di jelaskan seperti mendengarkan dari radio, pesan orang dan lain - lain .
  3. Cenderung banyak omong .
  4. tidak suka membaca karena umumnya bukan merupakan pembaca yang baik .
  5. Kurang cakap dalam mengerjakan tugas mengarang
  6. Senang berdiskusi dan berkomunikasi dengan orang lain.
  • Gaya belajar Kinestetik
Gaya belajar Kinestetik mengharuskan setiap individu menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar ia mampu mengingatnya. tentu saja ada karakteristik khusus yang setiap orang tidak mampu melakukanya. Karakter pertama adalah menempetkan tangan sebagai penerima informasi utama agar mampu mengingatnya secara terus menerus. Hanya dengan memegangnya saja karakter seperti ini sudah mampu menyerap dan memahami informasi tanpa harus membacanya terlebih dahulu. Ciri - ciri nya adalah sebagai berikut :

  1. Menyentuh segala sesuatu yang di jumpainya, termasuk dalam belajar.
  2. Sangat sulit untuk berdiam diri, selalu ingin bergerak
  3. Mengerjakan segala sesuatu yang memungkinkan tanganya aktif. 
  4. Suka menggunakan objek nyata sebagai alat bantu belajar
  5. Sulit menguasai hal - hal abstrak seperti memahami peta, symbol dan lambang .
  6. menyukai praktek
  7. Menyukai permainan dan aktivitas fisik .
Nah, bapak dan ibu demikianlah penjelasan mengenai gaya belajar masing - masing anak unik bukan ? mudah - mudahan dapat menjadi acuan kita dalam mendidik anak - anak kita sebagai generasi penerus bangsa indonesia ini. lalu hal ini juga dapat di jadikan acuan oleh kita selaku lembaga penyedia guru les privat untuk tingkat sd smp dan sma di wilayah tangerang selatan. kami adalah lembaga Sentra Privat yang beralamat di Perumahan pamulang indah MA jl. Bougenville blok a1/no 2 Pamulang tangerang selatan Telp. 021 - 9022 3559 / 0838 1212 5501 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar